Sejarah

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Kudus berkedudukan di kota kudus, tepatnya di Jalan Ganesha I Purwosari Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Sekolah Tinggi didirikan pada tanggal 12 Agustus 2009 dengan SK Mendiknas no 127/D/O/2009. Keberadaan STIKES Muhammadiyah Kudus bermula dari sejarah panjang penyelenggaraan pendidikan kesehatan sejak tahun 1984 dari SPK (Sekolah Perawat Kesehatan) Muhammadiyah Kudus, tahun 1999 konversi menjadi AKPER (Akademi Keperawatan) Muhammadiyah Kudus, pada tahun 2004 dengan adanya penambahan program studi D-3 Kebidanan nama institusi menjadi AKKES (Akademi Kesehatan) Muhammadiyah Kudus. Dan dengan turunnya ijin penyelenggaraan program Studi S-1 Keperawatan maka nama institusi resmi menjadi STIKES (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) Muhammadiyah Kudus. Saat ini STIKES Muhammadiyah Kudus Memiliki 5 program studi yakni :

  1. S-1 Farmasi
  2. Profesi Ners
  3. D-3 Kebidanan
  4. D-3 Keperawatan
  5. S-1 Keperawatan

Terpenuhinya kebutuhan masyarakat atas kesehatan membutuhkan peran serta aktif dari semua pihak, salah satunya adlah ketersediaan tenaga kesehatan profesional yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu memenuhi tuntutan pelayanan kesehatan masyarakat yang bermutu serta mampu bersaing ditingkat nasional bahkan international.

Sekolah tinggi ilmu kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Kudus hadir ditengah tengah masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan tinggi menerapkan sistem pendidikan yang ditujukan pada ilmu pengetahuan, ketrampilan dan sikap profesional yang di bangun dengan berlandaskan nilai nilai keislaman.